Saturday, August 6, 2011

Zotero: Menyimpan dan Mengatur Koleksi Artikel, Gambar dan Halaman Internet dengan Sekali Klik



Jika kita menemukan tulisan menarik pada halaman sebuah web tentu kita ingin menyimpannya untuk dibaca ulang, dijadikan referensi makalah atau sekedar koleksi. Tapi menyimpan halaman web kadang menjemukan karena kita harus melalui beberapa langkah, mulai dari save as dari menu browser, memilih folder dan memberi nama file. Kelemahan serius dari cara ini adalah URL atau alamat web tempat tulisan itu kita temukan tidak ikut tersimpan sehingga kita mengalami kesulitan ketika akan menjadikannya sebagai sumber rujukan dalam tulisan kita yang harus menyertakan catatan kaki berupa alamat web dan tanggal akses.

Tapi sekarang anda tidak perlu repot melakukannya. Dengan zotero, seluruh langkah tersebut dapat dilakukan hanya dengan sekali klik. Begitu anda menemukan tulisan atau apapun yang menarik di halaman sebuah web, anda tinggal klik tombol "Create New Item from Current Page" pada zotero dan  zotero akan menyimpan seluruh halaman, lengkap dengan gambar, judul, alamat web (URL) dan waktu akses.



Kelebihan zotero yang tidak didapatkan dengan menyimpan halaman web dengan cara save as adalah konsistensi tampilan. Sering kali ketika halaman web kita simpan, layoutnya akan berubah ketika kita membukanya kembali. Dengan zotero, hal ini bisa dihindari. Zotero akan menyimpannya persis seperti ketika halaman itu tampil secara online.

Kelebihan lain adalah kemampuan zotero untuk mempertahankan link-link yang ada di sebuah halaman web seperti sedia kala. Ini berbeda dengan ketika kita menyimpannya dengan cara save as di browser. Seluruh link yang terdapat di halaman tersebut akan berubah sesuai dengan tempat kita menyimpan file web tersebut. Jadi misalnya, di halaman web yang kita simpan ada link untuk register (misalnya: http://wwww.situs.com/register.php), link itu akan berubah mengikuti direktori tempat kita menyimpan file web. Misalnya kita menyimpannya di folder D:/web, maka linknya akan berubah menjadi "D:/web/register.php. Ini tentu menyulitkan kita jika suatu saat kita ingin melacaknya kembali. Dengan zotero, link-link ini akan dipertahankan sesuai aslinya, sehingga kita tidak harus membuka ulang web tersebut secara online untuk dapat mengakses link-link yang ada di dalamnya. Lagi pula cara save as di browser tidak menyimpan alamat webnya sehingga membuka kembali secara online akan mengalami kesulita karena sangat susah untuk menghafal URL sebuah halaman web.

Fitur menarik lain adalah kita dapat mengorganisasikan koleksi halaman web anda ke dalam folder-folder di dalam zotero. Jadi seluruh folder bisa diakses via zotero. So, kita tidak perlu repot-repot mencarinya di hard disk kita yang tak jarang kita lupa di mana menyimpannya.Untuk membuka halaman web yang telah anda simpan, cukup klik 2x di pada judul web yang anda inginkan dan zotero akan membukanya di browser.

Untuk memakai Zotero, kita harus menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser web karena zotero sebetulnya adalah salah sati add-on Mozilla Firefox. Tapi sebetulnya, saat ini Zotero sedang mengembangkan software zotero yang dapat digunakan lintas browser.

Zotero bisa didownload langsung dari situsnya http://www.zotero.org/ . Cara memasangnya ke Mozilla Firefox sangat mudah. Tinggal drag file zotero hasil download ke jendela utama Mozilla Firefox, lalu ikuti petunjuknya.

No comments:

Post a Comment